Siswa di Grobogan Peringati Harlah NU dengan Manaqiban

0
293

Brabo- Hari lahir ke-91 Nahdlatul Ulama yang jatuh pada 31 Januari diperingati beragam oleh masyarakat. Madrasah Aliyah Tajul Ulum Brabo, Tanggungharjo, Grobogan, Jawa Tengah, memilih menggelar Manaqiban. Acara yang dimulai dari pagi ini diikuti oleh seluruh siswa.

Ahmad Ainul Yaqin, ketua panitia sekaligus pengurus Ikatan Pelajar NU (IPNU) komisariat setempat mengungkapkan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan. Setiap hari lahir NU tiba, sekolahnya memperingatinya dengan kegiatan yang beragam.

“Tahun ini kami memilih Manaqiban bersama sebagai bentuk melestarikan budaya NU yang telah 91 tahun berdiri,” jelas siswa kelas 11 jurusan keagamaan ini.

Kiai Nur Hadi yang berceramah dalam forum tersebut menjelaskan, kegiatan seperti Yasinan dan Manaqiban di hari lahir NU merupakan bentuk tirakat dan syukur atas anugerah Allah. Sama halnya dengan Rasululullah yang berpuasa di hari-hari lahirnya. Yasinan dan Manaqiban juga diharapkan membawa keberkahan ke depannya.

Tak hanya Manaqiban, acara ini pun dipungkasi dengan makan bersama seluruh siswa sekolah. Makan bersama ini ditujukan sebagai wujud syukur atas kelahiran NU 91 tahun yang lalu.

“Setelah rangkaian acara ini mari kita berharap dan berdoa semoga NU ke depan semakin baik lagi dan terus berjuang menebar Islam rahmatan lil ‘alamin,” pungkas Kiai Nur Hadi. (OSIM-Aldi Rizki Khoiruddin/Mahbib)